Cara cepat belajar mobil untuk pemula

Cara cepat belajar mobil untuk pemula. jaman sekarang itu sudah tidak susah lagi karena banyaknya kursus kursus menyetir yang bertebaran hampir disetiap kota. Bisa mengendari mobil seperti sebuah keharusan apalagi kalau kita berada dan bekerja di kota kota besar, menyetir mobil sudah menjadi gaya hidup tersendiri, seperti kita mengendari sepeda waktu kita kecil.

Sebelum kita belajar kita perhatikan gambar berikut:
Nah itu adalah bagian bagian yang kita akan hadapi nanti saat kita duduk di kursi supir, sudah anda ketahui bukan kalo setiap mobil akan berbeda beda. Tapi tidak akan terjadi perbedaan yang sangat mencolok tentunya hanya modifikasi bentuknya saja. Selanjutnya kita berajak kebagian selanjutnya yaitu 3 pedal yang membuat jalan tidaknya mobil nantinya.
Nih sedikit kasih tips tentang tiga pedal pada gambar diatas :p
  • Biasakan kaki anda dengan posisi kopling/ perseneling (manual), rem, dan gas sehingga jika kita hendak menginjak rem tidak tertukar posisi, biasanya bagi para pengemudi yang baru suka tertukar tempat antara posisi rem dan gas, kalau udah sering latihan juga terbiasa mana yang kopling, rem, dan gas.
  • Jangan melepas kopling disaat anda sudah berhenti sampai anda benar-benar sudah menetralkan gigi atau memposisikan gigi di nol, jika sudah diposisi nol baru anda boleh melepas koplingnya, kalo nggak gimana? ya silahkan dipraktekkan sendiri hehe langsung mobilnya lompat kayak kodok
Selanjutnya kita akan mengenal bagain mobil yang bentuknya mirip tuas :p sebenarnya bukan tuas sih wkwkw tapi Gigi.
Fungsi kerja perseneling diuraikan lengkap disini:
Letak Gigi berada didekat rem tangan
  • Gigi netral: adalah tuas transmisi berada di tengah-tengah (mobil tidak akan berjalan meskipun pedal gas di injak)
  • Gigi satu: dari posisi netral dorong tuas persneling ke posisi gigi paling kiri lalu dorong ke depan
  • Gigi dua: dari posisi netral dorong tuas transmisi ke kiri lalu tarik ke belakang, jika dari posisi gigi satu tarik ke belakang
  • Gigi tiga: dari posisi gigi netral dorong ke atas
  • Gigi empat: dari gigi netral tarik ke bawah (posisinya berlawanan dengan gigi 3)
  • Gigi lima: dari posisi netral dorong kanan kemudian dorong lagi ke depan
  • Gigi enam / mundur (R) : dari netral dorong ke kanan kemudian tarik ke belakang
Nah selanjutnya bagaimana cara menjalankan mobil dari pengetahuan yang sudah diterangkan diatas? yup ini dia tipsnya
Posisi kaki kiri selalu berada di kopling, sedangkan kaki kanan berada di gas dan rem, jika ingin memindahkan gigi injak pedal kopling kemudian tarik tuas persneling ke tengah, tahan 1 detik di posisi normal kemudian arahkan gigi ke posisi yang diinginkan.
Sudah sedikit paham? (anggap saja belajar mobil online) kalau belum saya akan uraikan lagi cara menyetir mobil dengan point point semoga bisa dipahami.

Cara cepat belajar mobil

  1. Posisikan tubuh pada tempat duduk senyaman mungkin
  2. Aktifkan rem tangan
  3. Posisi tangan kanan berada pada lingkar kemudi jam 3 dan tangan kiri pada posisi jam 9
  4. Nyalakan mesin dengan memutar kunci kontak searah jarum jam (ke kanan) lalu tahan sebentar 1-2 detik
  5. Tekan pedal kopling menggunakan kaki kiri (tekan yang dalam)
  6. Masukkan ke gigi satu
  7. Kaki kanan siap-siap di pedal gas
  8. Lepaskan atau realeasekan rem tangan
  9. Lepaskan pedal kopling pelan-pelan, setelah 3/4 tekan pedal gas dengan pelan dan rasakan tarikan mesin yang pelan, usahakan jiwa anda menyatu dengan mobi
  10. Konsentrasi pada kondisi jalan, pandangan ke jalan tidak melihat kaki atau tangan
  11. Jalankan mobil 
Yuk test Drive :p
Cara mengatasi grogi saat belajar mobil
  • Berada dibawah pengajaran orang yang ahli mobil Baik keluarga, kerabat maupun kursus mengemudi. Orang yang sudah mahir dalam menyetir mobil dan dapat dipercaya.
  • Sudah mampu mempelajari teori mengendarai mobil dengan baik, seperti masalah kopling, mundur, cara memarkir, dan menaiki tanjakan secara teori terlebih dahulu agar tidak deg-degan saat praktik pertama kali.
  • Mulai dari yang Basic (Dasar) hingga benar-benar menguasai betul.Seperti menyetir lurus, cara menaikan gigi yang baik, cara ancang2 belok yang benar, cara memberhentikan (Free/Prai gigi) hingga sangat menguasai dengan benar, belajar mobil ditanjakan. Baru melangkah ke step berikutnya.
  • Meraih ketenangan diri dengan cara berdo'a dan memohon perlindungan kepada-Nya sebelum memulai belajar menyetir, dan mengucapkan syukur setelah menguasai beberapa teknik menyetir.

Related Posts:

2 Responses to "Cara cepat belajar mobil untuk pemula"

  1. Makasih banyak tips dan langkah untuk belajar mobilnya gan, akan saya coba tipsnya dan sangat bermanfaat sekali bagi saya :)

    ReplyDelete